PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA

Pemerintah, melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan sejumlah perencanaan kegiatan pembelajaran untuk menyambut tahun ajaran baru pada tanggal 13 Juli 2020 dengan tetap memerhatikan protokoler kesehatan secara tepat. Namun, melihat kasus pandemi yang terjadi saat ini dan di Banjarnegara khususnya, untuk pembelajaran tatap muka belum bisa dilaksanakan.

Menindaklanjuti surat edaran Kadindikpora Nomor 420/4252/Dikpora/2020 tanggal 10 Juli 2020 tentang kegiatan awal tahun pelajaran 2020/2021,  SMP Negeri 1 Banjarnegara telah  mempersiapkan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya :Persiapan kegiatan pembelajaran daring mulai tanggal 25 Juni, 6 Juli , dan 13  s.d 18  Juli 2020.

  1. Persiapan kegiatan pembelajaran daring mulai tanggal 25 Juni, 6 Juli , dan 13  s.d 18  Juli 2020.
  2. Sosialisasi program pembelajaran dan program sekolah bagi orang tua/wali peserta didik pada tanggal 20 s.d. 23 Juli 2020.
  3. Pelaksanaan pembelajaran daring yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juli 2020.

Seluruh pendidik tentu memahami bahwa tugas mengajar adalah hal yang utama, artinya dalam kondisi apapun tetap harus dilaksanakan. Karena itu pembelajaran harus direncanakan dengan baik dan dilaksanaan secara maksimal. SMP Negeri 1 Banjarnegara telah menjadikan pembelajaran daring sebagai pelayanan utama bagi siswa, karena tidak hadirnya mereka di sekolah. Untuk mewujudkannya, infrastruktur dibangun dan SDM ditingkatkan.

IHT Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring, analisis materi esensial, analisis minggu efektif, menyusun administrasi pembelajaran, membuat media pembelajaran sampai proses editing dan cetak, dikemas sekolah dengan menghadirkan narasumber , Dasuki, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Sekolah Menengah) dan tim IT SMP Negeri 1 Banjarnegara.

Pada pembelajaran daring, peserta didik akan mengikuti kegiatan pembelajaran  dengan sistem Daring Tatap Muka Penuh, Daring Terstruktur, dan Daring Mandiri. Adapun media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran   antara lain mengunakan aplikasi  Whatsapp, Email, Zoom, Google Class Room, dan Google Form.  Selain itu, sekolah juga menyiapkan aplikasi  yang mendukung pembelajaran online. Tim IT yang menjadi backbone standar proses bergandeng tangan bersama delapan standar untuk mewujudkannya. Tiga studio mini yang akan digunakan untuk live atau daring tatap muka penuh sudah dipersiapkan. Persiapan terkait dengan daring tatap muka penuh tentu membutuhkan persiapan yang luar biasa, selain siswa yang harus siap dengan hp androidnya, sekolah juga harus mempunyai fasilitas yang memadai untuk melaksanakan model tersebut. Pelayanan yang disediakan sekolah yaitu berlangganan aplikasi Zoom Cloud Meeting versi 5.3 yang berbayar dan berdaya tampung 500 partisipan. Persiapan yang telah dilakukan guru terutama wali kelas selama liburan yaitu membuat grup Whatsapp kelas, selain itu peserta didik juga dihimbau bergabung di aplikasi google classroom. Menjelang penetapan masuk sekolah semua peserta didik sudah siap bergabung dengan google classroom.                

Kebijakan “Belajar dari Rumah” diambil pemerintah sebagai salah satu upaya memutus rantai penularan Covid-19 dengan  memprioritaskan  keselamatan dan keamanan peserta didik. Dengan dukungan dari berbagai pihak, SMP Negeri 1 Banjarnegara akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Terhalang jarak tentu tidak menjadi alasan untuk melayani peserta didik dengan baik dan menciptakan interaksi pembelajaran yang menyenangkan. (Timred)